HTTP

by Andrea on 12/09/2016

Sabtu, 11 September 2016

11 September 2016, pada tanggal itulah diadakan acara HTTP. HTTP (HIMTI Togetherness & Top Performance) ini merupakan acara yang diselenggarakan oleh HIMTI dalam rangka penyambutan dan pengenalan HIMTI pada Binusian School of Computer Science. HIMTI sendiri merupakan suatu himpunan mahasiswa Binus yang berfakultas Computer Science yang mencakup jurusan TI, TI-BPPT, CS, MAT, GAT, TI-Mat, TI-Statistik dan MTI. HIMTI dapat dijadikan sebagai sarana pengembangan diri baik dalam Soft Skill dan Hard Skill. Seperti yang dikatakan oleh seorang pengisi acara di HTTP kemarin bahwa bukan hanya dapat mengembangkan skill tetapi HTTP dapat juga digunakan sebagai sarana penyaluran bakat. Seperti para pengisi acara kemarin yang mengisi acara dengan bernyayi.

Acara HTTP kemarin diselenggarakan di gedung BPPT 2 yang berlokasi di Jl. M.H. Thamrin. Acara HTTP ini juga menyediakana sarana transportasi dari Binus Kemanggisan menuju gedung BPPT. Yang kebetulan saya gunakan ini untuk pergi ke gedung BPPT. Shift bus untuk pergi ke BPPT ini terbagi 2 yaitu jam 6.30 dan 7.45. Saya mendapatkan shift 2 yang lebih siang bersama beberapa teman. Sesampainya di gedung BPPT kami mencari tempat duduk dan mendapatkan kursi diatas bagian tengah. Ternyata sewaktu kami sampai masih pagi waktu baru menunjukan pukul 8.00. Untunglah para panitia mengantisipasi hal ini dengan menyediakan film Zootopia dan diputar di depan. Saya pribadi pernah menonton film tersebut dan pada saat itu untuk mengisi kebosanan maka saya menonton ulang. Singkat kata ketika waktu menunjukan pukul 9.00, gedung BPPT telah ramai dan tempat duduk suduh mulai terisi penuh. Pada saat klimaks film, film tersebut di-stop untuk standby acara agar dapat dimulai. Sontak para penonton Zootopia kecewa karena sudah disaat klimaksnya film.

Acara ditandai mulai dengan seseorang yang menggunakan kostum robot dan muncul berjalan ke tengah panggung dan melakukan countdown. Setelah dia menghitung countdown, seorang MC masuk dengan suasana mencari partner MC-nya. Dengan gaya mencari dan menelpon MC kedua diceritakan masih tidur dan langsung bergegas ke gedung BPPT lalu masuk dari pintu masuk penonton menuju panggung. Sebelum dimulainya acara, Martin Luther Teng (Chairman HTTP) membawakan pengantar di depan. Lalu diikuti oleh Jonathan Gozali (Presiden HIMTI Kemanggisan) dan Rionaldo Aureri Linggautama (Presiden HIMTI Alam Sutera). Setelah membawakan pengantar, kami diperkenalkan kepada para SSC, Dosen, Dekan dan beberapa orang penting lainnya dalam School of Computer Science. Hal tersebut bertujuan agar kami tahu akan beberapa orang tersebut dan tidak terjadi kesalahpahaman. Sebab diceritakan ada seorang mahasiswa mengadakan kegiatan dan Dekan menanyakan tentang kegiatannya. Mahasiswa tersebut lalu menanyakan “Bapak siapa?“. Tentu hal tersebut menjadi tidak enak dan kurang sopan. Maka dengan itu diperkenalkanlah semua SSC, Dosen dan Dekan yang hadir disana. Begitu banyak para SSC dan Dosen yang maju. Saya pribadi tidak mengingat semua (Lol). Yang saya ingat adalah Bapak Andreas Chang selaku Wakil Rektor, Bapak Freddy Purnomo selaku Dekan School of Computer Science dan Bapak Derwin Suhartono selaku kepala School of Computer Science. Selebihnya saya akan berusaha mengingat dan mencatat dalam kepala biar tidak terjadi kesalahpahaman. 😀

Setelah pengenalan berlanjutlah acara dengan disuguhkannya band PeanutButter dan penyanyi-yang-saya-lupa-namanya. Kami ikut menikmati lagu – lagu yang mereka bawakan hingga mereka selesai. Setelah mereka selesai MC memulai sesi TalkShow dengan mengundang 3 orang alumni yang telah berkarya yaitu Christian (Binusian 2016), Reinard Vincent (Binusian 2016) dan Nathanael (Binusian2016). Mereka semua adalah alumni Binus yang baru lulus dan telah berkarya dengan merealisasikan skripsi mereka. Christian dan Reinard Vincent telah membuat robot AI yang dapat berinteraksi dengan manusia. Ditunjukan juga sebuah video yang mereka buat. Di video mereka menanyakan nama dari robot tersebut dan robot tersebut dapat menjawab. Lalu mereka memberikan perintah robot tersebut untuk menceritakan sebuah dongeng. Robot tersebut pun menceritakan cerita rakyat Malin Kundang hingga akhir. Lalu Nathanael pun ikut bercerita tentang aplikasi yang dia buat. Aplikasi yang dia buat dapat melihat dan mengalisa sebuah akun Twitter seseorang. Nathanael bercerita aplikasinya ini dapat memberi tahu bagaimana sifat seseorang dari akun Twitter setelah dilihat dan dianalisa. Para penonton menyimak penjelasan mereka dengan takjub. Selesai sudah sesi TalkShow tersebut dan sudah sekarang sudah waktunya istirahat. Tetapi sebelum istirahat panitia melakukan games berupa sambung kata. MC mengajak beberapa penonton untuk maju dan bermain games. Games ini dilakukan seperti pada umumnya bermain sambung kata. Yang membedakannya adalah sebelum melanjutkan kata, kita harus mengulangi seluruh kata yang telah disebutkan terlebih dahulu dan membuatnya menjadi kalimat yang padu. Pada saat games berlangsung para penonton pun terhibur karena pemain yang memainkan games tersebut memiliki berbagai ide kreatif. Sesi pun berakhir dan kami diberikan waktu untuk istirahat makan.

Pada istirahat makan kami dibagikan makanan berupa nasi, ayam, tempe dan tauge untuk yang non-vegetarian. Namun berhubung saya vegetarian maka saya harus mengambil makanan yang vegetarian di dekat pintu masuk. Yang vegetarian lauk ayamnya diganti dengan jamur goreng. Makanan pun saya lahap karena sudah kelaparan dari pagi belum makan. Setelah makan teryata waktu yang tersisa masih banyak karena disediakan 90 menit. Saya dan teman saya pun berkeliling mengunjungi stand yang tersedia. Tak luput juga untuk mengabadikan HTTP, kami pun mengunjungi photo booth diluar auditorium. Lalu salah satu dari teman kami mempunyai usul untuk melakukan selfie di depan panggung. Kami pada mulanya ragu untuk melakukannya tetapi dihasutlah untuk melakukannya dan mengajak semua. Pada akhirnya pun kami melakukan selfie di depan panggung. Pada saat kami maju ke depan panggung, seorang MC mau menuju panggung dan keheranan apa yang kami perbuat. Saya memberi isyarat untuk foto ke MC lalu kami langsung berlari keluar panggung.

Acara pun dilanjutkan kembali dengan sesi Visualisasi. Pada sesi ini di-visualisasikan mahasiswa baru yang memiliki sifat dan berlatar belakang berbeda. Diceritakan juga mereka sedang melaksanakan FEP seperti yang kami lakukan sebelumnya. Lalu mereka mengenal HIMTI setelah dijelaskan oleh senior mereka dan tertarik untuk menjadi aktivis HIMTI. Maka bergabunglah mereka ke aktivis HIMTI. Mereka diberikan kepercayaan untuk melaksanakan HEXION yang akan datang. Pada awalnya mereka berunding dan memutuskan chairman HEXION tersebut untuk mengatur. Tetapi dengan sifatnya yang arrogant / angkuh maka terpecah belah lah tim untuk acara HEXION tersebut. Namun seiring berlanjutnya hari yang kemudian jatuh sakitnya chairman HEXION, ia menyadari semuanya tidak mungkin terjadi tanpa bantuan orang lain. Seorang teman yang menyadari hal tersebut akhirnya membantu chairman agar membujuk kembali tim HEXION tersebut untuk kembali. Pada akhir cerita HEXION terlaksana dengan baik. HIMTI juga menjelaskan bahwa HEXION adalah acara yang mereka akan lakukan di sekitar bulan Desember nanti. HEXION akan dilaksanakan dengan aktivis – aktivis baru HIMTI dan mengajak kami untuk bergabung dengan para aktivis HIMTI. Sesudahnya kami kembali mendapatkan games yang berupa melempar ke dalam topi partner-nya. Permainan tersebut berjalan dengan berbagai hasil. Ada yang cakap dalam melempar bola, ada yang tidak masuk sama sekali, ada pun yang kesal tidak dapat melempar dengan baik hingga menyambit ke arah temannya. Sesi tersebut pun selesai. Kami kembali diberikan istirahat sejenak.

Setelah selesai istirahat kami diarahkan untuk ke bawah semua. Ternyata sesi yang terakhir adalah band dan DJ. Singkat cerita acara pun telah sampai pada penghujungnya. Kami diarahkan untuk memakai almamater setelah perwakilan kami maju ke panggung dan menggunakan almamater sebagai pelantikan. Kami juga menyanyikan Mars HIMTI dengan teks yang ditampilkan di depan layar. Meski kami tidak pernah mendengarnya, kami bernyanyi dengan lantang (Lol). Sebelum acara selesai panitia mengadakan Lucky Draw dari nomor tiket yang ada. Para penonton sontak bersorak – sorai riang dan ditayangkanlah Number Generator. Pemanggilan pertama berangka 900-an, angka tersebut jauh dari angka pada tiket saya yang berangka 231. Pemanggilan kedua pun mengecewakan. Pada saat pemanggilan ketiga, tidak ada orang yang maju. Namun tak lama kemudian ternyata teman saya yang tadi bengong dan kaget bahwa dia pemenangnya. Sontak ia langsung berlari ke depan untuk mengambil hadiah. Dan ternyata pemanggilan ketiga lah yang hadiahnya paling besar. Wow, sungguh beruntung dia! Ia mendapatkan Goody Bag yang berisi buku, pulpen, Voucher Diva dan Voucher Icerink. Selesai sudah acara HTTP pada pukul 18.00. Kami lalu mengambil Goody Bag yang berisi kaus, pulpen, pin dan password untuk HIMTI kit. Pada saat pulang saya memutuskan untuk pulang sendiri karena sepertinya mutar jika ke Binus lagi dan daerah Binus macet. Maka saya bersama beberapa teman pulang naik busway. Pada saat saya sampai di rumah ternyata jam sudah menunjukan pukul 20.00.

Demikianlah pengalaman selama HTTP pada 11 September. Maaf jika ada kesalahan penulisan dan Terima kasih bagi para pembaca ~~

cropped-triangle_2-wallpaper-1366x768-e1474116637448.png

andrea002@binus.ac.id

No comments yet.

Write a comment: