DVRun

by Andrea on 10/12/2016

tfi logo

Nama : Andrea
NIM : 2001538603
Jurusan : Magister Teknik Informatika (Master Track Program / MTI)

DvRunHalo perkenalin nama saya Andrea. Nah kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai DVRun. Apa sih DVRun itu? DVRun adalah suatu kegiatan yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) Binus. UKM ini sendiri merupakan UKM yang bergerak dalam bidang kerohanian agama Buddha dan disebut sebagai KMBD. Nah pada kesempatan lalu KMBD ini membuat suatu kegiatan acara yang berupa lari. DVRun ini digelar bukan hanya untuk UKM nya sendiri saja lho. Tetapi KMBD juga ikut menyumbangkan hasil dari acara kepada anak anak jalanan(Charity Run).

DVRun diadakan pada tanggal 4 Desember 2016 dan acara dimulai dari jam 06.00 – 16.00 WIB. DVRun ini diadakan di Ancol dan track larinya berupa melingkar mengelilingi Ancol. Pada saat saya sampai disana, acara belum dimulai sampai jam 6 lewat. Cuaca pada pagi itu pun sedikit mendung dan turun hujan gerimis. Kami pun menunggu hingga agak reda agar dapat memulai acara. Namun karena tidak kunjung berhenti, maka acara pun tetap dimulai dengan gerimisnya cuaca. Kegiatan pertama pada hari itu adalah kata sambutan dan berdoa bersama agar dapat berjalan dengan baik kegiatan DVRun itu meskipun hujan. Setelah kata pembuka, para MC mengajak kami semua untuk melakukan pemanasan sebelum kami lari mengelilingi Ancol. Dengan ditemani instruktur pemanasan pun berjalan dengan lancar hingga pukul 07.00. Sebelum lari, para MC menjanjikan sebuah hal yang menarik bagi saya. Yaitu kalau kita dapat menyelesaikan 5km dalam waktu kurang dari 2 jam, maka kami akan mendapatkan medali dari panitia. Tentu mendengar hal tersebut kami semua pun senang dan menjadi bersemangat.20694

Jam 07.00, kami memulai lari marathon kami yang berjarak 5km. Pada mulanya saya berniat untuk lari ataupun jogging supaya hitung hitung olahraga juga. Namun setelah 1,5km saya sudah merasa capai sehingga track sisanya dilanjutkan dengan jalan dan jogging kecil kecilan secara bergantian. Pada saat selesai 5km, kami pun diberi medali penghargaan karena berhasil menempuh 5km dalam 2 jam. Medali tersebut diberikan oleh teman teman dari panti yang berasal dari panti yang DVRun donaturkan. Hal tersebut merupakan hal yang cukup mengesankan jika dilihat. Selain itu, kami pun diberi minuman gratis berupa YOU C-1000. Setelah kami beristirahat sebentar, kami pun meregistrasi ulang untuk penulisan blog tfi agar mendapatkan community service yang berada di depan panggung. Acara diselingi dengan anak anak panti yang menyanyikan beberapa lagu di panggung untuk kami. Ada pun lagu yang dibawakan adalah lagu Laskar Pelangi. Di sekitaran panggung telah dilengkapi dengan stand stand makanan dan minuman yang dapat kami beli. Sangat disayangkan saya tidak mengikuti acara hingga sore hari karena ada keperluan mendesak sehingga harus pulang sebelum acara selesai.

                          1960 1958

Mengapa saya mengikuti kegiatan ini?

Saya mengikuti kegiatan ini karena saya melihat bahwa saya dapat mendapatkan community service pada event ini. Saya juga melihat bahwa kegiatan ini tidak hanya semata mata untuk event lari saja. Namun kegiatan ini memberikan hasil dari kegiatan pada event ini kepada anak anak jalanan. Hal tersebut tentu tidak hanya kita akan dapat berolahraga, namun secara tidak langsung kita dapat membantu mereka dengan mengikuti event ini. Alasan lain saya mengikuti kegiatan ini juga sebagai refreshing setelah UTS yang baru saja berlalu.

Apa pelajaran yang dapat saya dapatkan di acara ini?

Pada acara kali ini, secara tidak langsung UKM KMBD mengajak kita untuk peduli terhadap anak jalanan diluar sana. Yang mungkin saja kita jarang / tidak memikirkan bagaimana nasib mereka. Dengan kegiatan ini UKM KMBD ingin membantu anak jalanan dengan mendonasikan hasil dari event. Dan ditambah anak jalanan tersebut diikutsertakan dalam kegiatan ini dengan memberikan medali. Bahkan anak jalanan ini juga membawakan acara kepada kami. Sangatlah berarti mereka telah datang dan membawakan sebuah lagu Laskar Pelangi. Mereka yang hanya berkehidupan kurang dapat membawakan lagu untuk menyemangati mereka sendiri dan mensyukuri apa adanya.

Motivasi apa yang dapat saya berikan?

Sebelum kita dapat membantu orang lain, kita harus memulai dari diri kita masing masing yaitu mensyukuri apa yang kita miliki. Seperti yang saya bilang, anak jalanan saja dapat mengucapkan syukur dan menyemangati diri mereka sendiri. Yang bahkan hidup mereka bisa dikatakan hidupnya kurang dari berkecukupan. Bagaimana dengan kita yang lebih berkecukupan dari mereka? Terkadang bahkan kita tidak mensyukuri hidup dan mengeluh. Ada baiknya kita harus melihat teman teman kita disana yang kurang dari berkecukupan, sehingga kita dapat mensyukuri apa adanya. Motivasi saya adalah kita harus mensyukuri apa adanya, dan ketika ada teman, anak jalanan ataupun orang tidak dikenal kita harus dapat membantu mereka seikhlasnya. Bantuan kita dapat menjadi sangat berarti kepada mereka yang membutuhkan pertolongan sekecil apapun kita membantu mereka.

Informasi mengenai anak jalanan :623255145antarafoto-1364292624-

Sesuai dengan namanya, anak jalanan adalah anak yang tinggal di jalanan dan tidak memiliki tempat tinggal. Anak jalanan memiliki kehidupan yang berkekurangan, baik dari segi ekonomi dan pendidikan. Anak jalanan ini mencari penghasilan untuk hidup dapat dari beraneka sumber. Ada yang mengamen untuk hidup, mencari sampah sampai dengan tindakan negatif pun ada.
Anak jalanan ini telah diminimalisasikan oleh pemerintah dan lembaga lembaga yang peduli dengan mereka. Ada pun anak yang ditemukan diberi tempat tinggal dan pendidikan yang layak seperti dimasukan kedalam Panti Asuhan. Dari panti asuhan ini anak anak tersebut dapat mengembangkan diri dan menjadi pri
badi yang lebih baik. Ada pun anak jalanan ini diberi perlindungan dan dibantu oleh lembaga yang peduli akan mereka. Seperti UKM KMBD yang membantu anak jalanan yang terdapat di Rumah Singgah Bina Anak Pertiwi dengan bantuan berupa dana yang dimiliki dari kegiatan acara.

Sekian blog ini, semoga para pembaca menikmati dan dapat berguna bagi para pembaca, Salam Hero!

— Unleash The Hero In You —

1961

andrea002@binus.ac.id

No comments yet.

Write a comment: